Minggu, 13 Januari 2013

Tipikal Chara Anime


Tsundere
Tsundere adalah semacam istilah slank dalam bahasa Jepang yang merupakan akronim dari tsuntsun dan deredere.
Tsun-tsun secara harafiah bisa diterjemahkan sebagai "aloof, morose, pointed", sedangkan dere-dere adalah "exhausted, lovestruck." Gampangnya, karakter dengan tipe tsundere biasanya adalah seorang tokoh perempuan yang digambarkan berkarakter hot-blooded, dan berusaha menyangkal setengah mati perasaannya sendiri bila jatuh cinta dengan seseorang yang ketika suatu circumstances menampakkan sisi aslinya yang lemah, pemalu, manja, dll.... circumstances tersebut seperti saat ia diperlakukan sesuatu oleh "love interestnya". contoh chara : Aria H.Kanzaki(Hidan no Aria)





Dandere
 Salah satu moe-inspiring character trait dalam Anime.
Dan, kalau ada moe trait archetype yang dapat menandingi Tsundere, mungkin hanya tipe karakter ini, Dandere.
Dandere secara literal berasal dari kata "danmari" + "deredere".

Sebuah kata sifat untuk menggambarkan karakter yang pendiam, pemalu namun belakangan melakukan tindakan yang tidak terduga apabila kita perhatikan sifat awalnya yang pemalu. Fase dere-dere nya muncul ketika karakter ini berduaan dengan karakter yang disukainya. Atau bisa juga digunakan untuk menggambarkan sifat karakter yang meskipun pemalu namun betindak progressif bahkan melebihi karakter normal.

Dandere digunakan juga untuk mengekspresikan kondisi ketika seseorang yang berkarakter pendiam (danmari taipu) memasuki fase love struct (dere-dere). Dan gejalanya biasanya terlihat apabila karakter yang bersangkutan bertemu dengan karakter yang disukai.... reaksinya bisa macam macam, salah tingkah, bicara ngawur atau hanya sekedar blushing. Namun ekspresi apapun itu munculnya diluar dugaan kita. Misalnya karakter Primula, kita semua tahu bahwa karakter ini seperti robot yang jarang mengekspresikan emosi. Nah itulah sebabnya ketika Primula blushing itu merupakan sesuatu hal yang tidak terduga bisa terjadi pada karakter ini.... fase inilah yang disebut deredere, dan karakter ini disebut Dandere. contoh chara : Miyazaki Nodoka(Negima)




Kuudere
Kuudere adalah tipe karakter "cool" (cool = dibaca kuu oleh orang Jepang). Pendiam, tapi tidak emotionless. Ada kalanya mereka menunjukkan sedikit emosi. Tipe ini banyak yang mendekati tsundere jadi akan sedikit susah membedakannya. Perbedaanya, kuudere lebih dewasa daripada tsundere dan bisa menjada imagenya dengan baik.
seorang kuudere biasanya digambarkan sebagai heroine dalam anime atau RPG. Berasal dari kata “cool” yang di-Jepang-kan menjadi “kuu”. Kuudere lebih kaku dibandingkan tsundere, sorot matanya lebih tajam, dan sikapnya lebih dingin atau tanpa emosi. Gaya bicaranya lebih kaku dan formal. Wah, jangan salah, kalau dia sudah masuk “deredere” mode, kalian akan terpana sendiri . contoh chara : Yuki Nagato(Suzumiya Haruhi No Yuutsu)




 Yandere
 Selain itu ada satu lagi istilah yang menggunakan "dere-dere" lagi yakni Yandere. Kebalikan dari tsundere, Yandere bisa berarti semacam obsesi pada objeknya. Yandere, berbeda dengan Tsundere yang menampilkan Tsun duluan baru deredere. Yandere menampilkan derederenya dulu baru tsun kemudian kembali ke deredere lagi.  Yandere adalah karakter yang berbeda dengan tsundere, berani menampilkan "love interest"nya kepada seseorang yang dia sukai. meski dalam hal ini, dia tetap tidak berani mendeklarasikan cintanya di depan umum. Yandere sangat mencintai "love interest"nya, tipe ini orang yang sangat care dan peduli. saking care-nya, ia tak segan segan untuk membunuh bakan menyiksa pelan pelan orang yang berani mengambil cintanya. contoh chara : Gasai Yuno(Mirai Nikki)

semoga membantu, dan menambah wawasan tentang tipikal chara anime.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar