Rabu, 02 Oktober 2013

10 Dorama Jepang terpopuler

Kali ini saya mau menjelaskan dorama dorama terpopuler dijepang loh tapi sebelumnya add FB saya ya di -> Facebook saya oke kita mulai aja
  sebagian dari anda mungkin baru saja belajar menyukai segala hal berbau dorama Jepang. Dorama Jepang begitu populer di berbagai negara, namun tak semua orang bisa langsung menyukainya. Nah, bagaimana caranya supaya anda berpotensi menyukai pilihan tontonan yang satu ini? Berikut kita akan membahas mengenai 10 drama Jepang paling direkomendasikan untuk ditonton oleh pemula,


1. Hana Yori DangoTsukusi Makino adalah satu-satunya siswi miskin di Eitoku Gakuen, sebuah sekolah untuk anak-anak orang kaya dan istimewa. Sekolah ini dikuasai oleh empat anak laki-laki yang tergabung dalam kelompok Flower 4 alias F4. 
Anggotanya adalah Hanazawa Rui, anak tertutup (introvert) dari sebuah perusahaan besar. Domyoji Tsukasa, pewaris dari Domyoji World Finance Group. Nishikado Sojiro, seorang playboy yang menyukai dengan budaya upacara minum teh. Mimasaka Akira, seorang pembunuh madam yang paling jago menaklukkan hati wanita dan juga memiliki hubungan baik dengan banyak yakuza (mafia) di Jepang.Makino ingin melewati harinya dengan penuh ketenangan, tanpa menarik perhatian orang lain. Tapi, suatu hari dia terjebak karena harus melawan Domyoji untuk membela temannya yang menjadi bulan-bulanan F4. Keesokan harinya, Makino langsung mendapatkan pita merah khas F4 di lokernya, yang menjadi pertanda bahwa neraka di sekolah itu sudah dimulai untuknya. Siapapun yang mendapatkan pita merah itu, maka semua orang di sekolah berhak untuk mengerjai dan menggertaknya hingga orang tersebut keluar dari Eitoku Gakuen.Meskipun dilecehkan oleh F4, Makino yang keras kepala dan pantang menyerah memutuskan untuk tetap pergi sekolah. Domyoji kewalahan menghadapi gadis yang sifatnya bagaikan gulma yang sulit untuk dibasmi tersebut. Pada gilirannya, Makino menyatakan perang dengan F4. Tekadnya itu menarik perhatian Hanazawa Rui yang meski mengelak tapi sesungguhnya menyukainya diam-diam. Demikian juga Makino yang menilai Hanzawa sangat berbeda dari tiga anggota F4 lainnya. Cerita semakin kompleks mana kala Domyoji, pimpinan F4 berbalik menaruh hati dan mencintai Makino habis-habisan karena kagum dengan kekuatan dan sifat pantang menyerah gadis itu. Bagaimana caranya Domyoji memenangkan hati Makino yang sudah terlanjur membencinya?

.
.
.2. Nodame Cantabile Megumi Noda atau Nodame adalah seorang mahasiswa sekolah musik yang eksentrik dan menguasai piano di bangku kuliah. Meskipun menjadi pianis yang berbakat, Nodame sesungguhnya bercita-cita menjadi seorang guru TK. Dia sangat berantakan dan sifatnya sangat tidak terorganisir. Misalnya, jarang mandi, rumahnya berantakan, sering mencuri bekal makan siang temannya, dan paling tidak bisa untuk melihat makanan lezat menganggur.  Shinichi Chiaki, seorang mahasiswa top di perguruan tinggi tersebut. Dia lahir dari keluarga kaya dan terhormat dan sangat piawai dalam permainan biola dan piano. Ia berambisi menjadi seorang konduktor. Ia juga seorang perfeksionis, arogan dan pernah hidup di luar negeri, di kota musik dunia, dalam waktu yang lama. Chiaki merasa terjebak di Jepang karena dia takut untuk naik pesawat dan naik kapal, sebab trauma masa kecilnya. Nodame dan Chiaki bertemu secara tak sengaja. Nodame langsung jatuh cinta pada pandangan pertama terhadap Chiaki. Namun sebaliknya, Chiaki awalnya sangat membenci Nodame karena sifat selebornya itu. Lama kelamaan hubungan keduanya tumbuh, dan mereka dewasa bersama sebagai musisi. Berkat Nodame, Chiaki mendapat kesempatan untuk memimpin sebuah orkestra mahasiswa dan mulai memiliki apresiasi kemampuan musik tradisionalnya. Karena Chiaki juga Nodame berhasil melawan ketakutannya untuk mengikuti kompetisi piano, peluang mulai terbuka karena keduanya mengambil risiko untuk menapaki jalan karier masing-masing ke luar negeri. Perjalanan panjang mengantar mereka ke dalam sebuah pengakuan bahwa satu sama lainnya saling membutuhkan dan saling jatuh cinta.
.
.
.
3. Great Teacher Onizuka (GTO) Onizuka Eikichi adalah seorang sarjana lulusan universitas kelas rendah dan memimpin sebuah geng motor. Impiannya seumur hidup adalah menjadi seorang guru. Onizuka suatu hari bekerja sebagai seorang tukang kebun di sebuah SMA. Kepribadiannya yang unik dan menyenangkan ternyata menarik hati kepala sekolah di SMA tersebut.Onizuka kemudian ditawarkan menjadi seorang guru, namun ia ditantang untuk bisa mengajar di SMA tersebut. Onizuka sempat kewalahan menghadapi kenakalan anak-anak muridnya itu sebab siswa tetap melawan gurunya sendiri. Onizuka tetap tak menyerah. Dengan caranya sendiri, dia mulai mendekati pribadi murid-muridnya satu per satu hingga akhirnya ia menang dan berhasil meyakinkan seisi kelas bahwa dia adalah seorang guru yang fantastis dan hebat.
.
.
.4. Liar Game'Liar Game' adalah dorama yang melibatkan pertempuran akal dan taktik. Cerita dimulai ketika seorang mahasiswa yang polos bernama Nao Kanzaki menerima sekotak penuh uang dengan nilai 100 juta yen. Di dalamnya terdapat catatan bahwa dia menjadi seorang kontestan dalam turnamen 'Liar Game.' Dalam turnamen ini, kontestan didorong untuk saling berbohong dan menipu untuk mendapatkan uang kontestan lainnya. Mereka yang uangnya berhasil berpindah tangan dinyatakan kalah dan harus membayar kembali uang 100 juta yen yang sudah dititipkan kepada mereka. Dalam perlawanan pertama, Nao tertipu oleh teman dan gurunya di SMA yang ternyata juga mengikuti kompetisi yang sama. Hingga akhirnya, Nao bertemu dengan seorang penipu jenius bernama Shinici Akiyama. Akiyama memutuskan berada di pihak Nao dan membantu gadis itu untuk memenangkan turnamen. Keduanya berhasil kembali merebut uang yang semula diambil oleh sang guru. Nao dan Akiyama terus melewati putaran demi putaran dalam permainan itu hingga sampai di final. Mereka melawan seorang kontestan yang kejam dan licik. Mereka berusaha juga membebaskan lawan mereka dari utang dan mengungkap kecurangan organisasi yang membentuk permainan 'Liar Game' ini.
.
.
.5. Gokusen Dorama yang ini juga diangkat berdasarkan cerita dari sebuah manga populer di Jepang. Ceritanya tentang Kumiko Yamaguchi, cucu dari seorang bos yakuza. Orang tuanya meninggal ketika dia masih kecil. Karena sang kakek tak memiliki garis keturunan lainnya, maka mau tak mau Kumiko akan melanjutkan posisi kepemimpinan yakuza mewarisi bisnis keluarganya.  Sayangnya, Kumiko memunyai impian lain, yaitu menjadi seorang guru. Sembari menunggu usianya mencukupi untuk memegang tampuk jabatan sebagai bos yakuza, Kumiko memohon kepada kakeknya untuk boleh bekerja sebagai seorang guru. Kumiko juga meminta identitas keluarganya ditutupi. Sang kakek setuju dan akhirnya Kumiko mendapat kesempatan mengajar di sebuah SMA. Hampir sama dengan jalan cerita dorama 'Great Teacher Onizuka,' Kumiko ditempatkan di sebuah kelas yang berisi penuh anak-anak nakal. Meskipun kesulitan, Kumiko mencoba untuk memenangkan hati para muridnya. Dia bukan hanya mengajarkan pelajaran akademis, melainkan mengajarkan murid-muridnya tentang pelajaran kehidupan.  Pengalamannya dibesarkan di sekeliling yakuza, Kumiko bisa bertahan untuk menjangkau murid-muridnya. Dorama ini penuh dengan aksi komedi dan sudah dibuat dalam beberapa season.
.
.
. 6. Nobuta wo Produce Shuji adalah seorang populer di sekolahnya dan bisa bergaul dengan semua murid, kecuali seorang siswa bernama Akira. Bagi Shuji, Akira hanya pria polos dan kehadirannya sangat menganggu lingkungan sekitarnya. Bagi Shuji, Akira adalah siswa teraneh di sekolah itu. Namun, hal itu berubah seketika ketika seorang gadis pindahan datang ke sekolahnya bernama Nobuko Kotani. Nobuko adalah seorang gadis yang minus rasa percaya diri, pemalu, dan sebagai hasilnya dia selalu menjadi bahan ejekan dan olokan seluruh murid di sekolah. Shuji dan Akira kemudian membuat kesepakatan bahwa untuk memanfaatkan masa muda mereka, maka mereka akan menjadikan Nobuko sampai tampil sebagai gadis populer di sekolahnya. Syaratnya adalah mereka harus menjaga rahasia bahwa tak ada seorang pun yang mengetahui jika Akira dan Shuji yang mengubah total Nobuko. 'Nobuta wa Produce' adalah sebuah kisah persahabatan sejati antara tiga individu yang secara kasat mata tidak mungkin berteman dan bergaul satu sama lainnya, namun bisa disatukan untuk obsesi yang sama.
.
.
.7. Love Shuffle Usami adalah seorang salaryman yang sukses di perusahaannya karena bertunangan dengan kekasihnya yang kebetulan adalah putri dari Presiden Direktur di perusahaan tempatnya bekerja. Suatu hari, Usami membatalkan pertunangan dengan alasan mulai ada rasa jenuh di antara keduanya.  Di dalam sebuah lift, Usami terjebak bersama sejumlah orang yang ternyata menghadapi masalah yang sama dengannya. Mereka adalah Ojiro (fotografer model), Masato (psikiater), dan Airu (ahli bahasa). Pembicaraan mereka bertiga kemudian menjurus kepada kejenuhan kehidupan cinta mereka. Ketiga pemuda itu kemudian sama-sama merenungkan, apakah di dunia ini hanya ada satu pasangan saja yang ditakdirkan untuk semua orang? Mereka kemudian sampai pada kesimpulan untuk melakukan hal yang konyol. Usami, Masato, dan Airu sepakat untuk saling bertukar pasangan satu sama lainnya. Mereka ingin mencoba berbagi pengalaman dengan kekasih rekannya masing-masing. Sejak itulah, cerita tentang 'Love Shuffle' alias 'Cinta Acak' dimulai. 
.
.
. 8. Hotaru no Hikari Amemiya Hotaru, seorang perempuan kantoran yang selalu berpenampilan rapi, modis, dan lincah. Ia bekerja di sebuah perusahaan desain interior populer. Tak ada yang menyangka jika penampilan Hotaru di rumah ternyata sangat bertolak belakang dengan penampilannya di kantor.  Di rumah, dia lebih suka mengenakan celana olah raga, bermalas-malasan, minum bir, dan mengacak-acak barang dan perabotan. Motto hidup Hotaru adalah 'Aku lebih suka berbaring dibandingkan bermain-main dan bergaul ke luar.'  Suatu hari, Hotaru kedatangan seorang tamu penting. Dia adalah Takano Seiichi, yang ternyata adalah bos Hotaru yang sudah mulai bosan dengan gaya hidupnya. Takano baru saja berpisah dengan istrinya dan akhirnya dia memutuskan tinggal di rumah biasa yang jauh dari kemapanan. Dia terkejut melihat sosok Hotaru dan kekacauan yang ditimbulkan gadis itu di rumah sewanya. Berbeda dengan Hotaru, Takano adalah pria yang sangat perfeksionis dan rapi. Dia tidak tahan melihat gaya hidup Hotaru yang asal-asalan.  Meski demikian, Takano selalu menjadi dewa penyelamat bagi Hotaru yang diam-diam menyukai dan jatuh cinta dengan teman sekantornya bernama Teshima Makoto.  Perlahan, Takano jatuh cinta dengan Hotaru. Polemik lain yang harus mereka hadapi adalah kenyataan bahwa keduanya tinggal satu rumah dan itu dirahasiakan dari lingkungan kantor mereka. -
.
.
9. Hanakimi Dorama yang satu ini diangkat berdasarkan cerita manga berjudul 'Hanazakari no Kimi Tachi E.' 'Hanakimi' bercerita tentang Mizuki Ashiya, seorang gadis Jepang yang tinggal di Amerika Serikat dan jatuh cinta pada seorang siswa sekaligus atlet lompat tinggi bernama Izumi Sano. Ashiya kagum dengan kemampuan Izumi dan mulai mengidolakannya dengan cara mengikuti karier atletiknya.  Karena satu peristiwa, Izumi memutuskan keluar dari kehidupan olah raganya. Dia konsentrasi belajar di sebuah sekolah khusus pria, SMA Osaka. Ashiya yang ingin Izumi untuk 'melompat' kembali memutuskan menyamar menjadi seorang siswa laki-laki dan mendaftar sekolah di SMA Osaka. Ia terbang kembali ke Jepang dan memotong rambut panjangnya menjadi pendek seperti laki-laki. Problem dimulai ketika Ashiya harus menutupi identitas aslinya sebagai seorang perempuan dari siswa-siswa di sekolahnya, yaitu siswa klub olah raga, klub seni, dan klub bela diri. Teman sekelas Ashiya dari klub olah raga Nakatsu Suichi menjadi tokoh sentral komedi di drama ini. Dia yang tak mengetahui identitas asli Ashiya merasakan dirinya seorang homo, karena jantungnya selalu berdebar mana kala bertemu dengan Ashiya. Akan tetapi, Nakatsu seantiasa membantah perasaannya itu, sampai akhirnya dia senang mengetahui Ashiya kenyataannya adalah sorang wanita. Siapakah yang akan dipilih Ashiya? 

.
.
. 10. Buzzer Beat 'Buzzer Beat mengangkat cerita antara Kamiya Naoki, seorang pemain basket profesional, dengan Shirakawa Riko, seorang calon pemain biola perofesional. Suatu hari, Shirakawa dan seorang temannya pindah kontrakan ke sebuah rumah susun yang berdampingan dengan sebuah lapangan basket, tempat Kamiya sering berlatih basket sendiri. Keduanya semakin sering bertemu dan bertukar cerita sejak itu. Ada kesamaan antara Kamiya dan Shirakawa, yaitu kurangnya kepercayaan diri mereka akan kemampuan masing-masing. Namun, sejak keduanya bersahabat, mereka mulai saling mendukung dan menyemangati satu sama lain. Perlahan, keduanya kemudian merasakan hubungan pertemanan dan persahabatan mereka kini sudah berubah. Apalagi disaat hubungan Kamiya dan kekasihnya memburuk karena tunangannya itu berselingkuh.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar